Memang ada yang salah dengan otak (baca : cara berpikir) kita bila kita masih berusaha untuk membetahkan atau membuat diri nyaman dalam kondisi yang tidak nyaman. Terkadang pikiran kita ini masih dipaksakan pada suatu kondisi yang ingin kita capai walaupun itu sebenarnya sulit.

Berbagai angan-angan kita bayangkan dan berharap suatu waktu nanti, kondisi itu kita alami. Kata-kata “wayah na” (bahasa Sunda) dalam telinga saya terus terngiang karena kata itu keluar dari ucapan seseorang yang sangat saya sayangi dan saya hormati, itulah sang Ibunda.

“Wayah na we, sing sabar…” kerap keluar dari ucapan sang Ibunda ketika beberapa kali saya curhat mengenai beberapa hal dalam hidup ini terutama soal pekerjaan. Terkadang saya hanya bisa menjawab dengan mengelus dada atau sekedar menghela nafas “huh”…..

Tapi hati tetap menolak. Menolak setiap ketidaknyamanan. Karena menurut buku Quantum Ikhlas karya Erbe Sentanu, manusia secara fitrahnya diciptakan dalam kondisi nyaman dan menyenangkan, sehingga ketika kita berada dalam kondisi ketidaknyamanan, maka berbagai penolakan akan terjadi.

Begitu juga dengan diri saya ini yang sering kali menolak pada ketidak-adilan, bertepuk sebelah tangan , atau saling menjatuhkan. Mudah-mudahan perasaan ini berasal dari fitrah manusia tersebut…..

Antara rasionalitas, realitas dan imajinitas itu selalu bertentangan. Ketika realitas yang ada membuat diri kita tidak nyaman, maka rasio kita berpikir untuk berontak dan keluar dari ketidaknyamanan. Akan tetapi, terkadang imajinitas yang buruk menjadi penghalang atau pagar yang menghalangi rasio untuk mencari jalan keluarnya.

Hingga saat ini banyak sekali bayangan pagar hitam yang menyelimuti rasio saya itu. Apakah sang rasio belum sanggup untuk melompati pagar-pagar hitam yang tinggi membayang itu? Ataukah memang rasio ini terlalu lama dikecilkan oleh suara-suara sumbang pesimis dan kelemahan yang pernah singgah dalam hidup saya ini???

Adakah teman yang dapat membesarkan rasio saya ini? Atau mungkin yang bisa mengecilkan pagar-pagar bayangan hitam tersebut????

Di tunggu jawabannya…monggo…….