Dear Sahabat,

Berikut saya sampaikan sedikit info bagi sahabat hendra-permana yang memang merasa dirugikan dalam jual beli dengan pihak lain :

1. Pastikan Anda memiliki semua dokumen dan bukti yang berkaitan dengan persoalan ini, termasuk identitas detil pelaku usaha yang telah merugikan Anda. Bilamana mungkin Anda mendapatkan nama individu yang terlibat transaksi dengan Anda.
2. Lakukan komunikasi lisan untuk meminta pertanggungjawaban pelaku usaha bersangkutan, dengan menceritakan kronologis kejadian dan diakhiri dengan permintaan (tuntutan) spesifik Anda sebagai konsumen akibat kerugian ini (misalnya ganti rugi material, permintaan maaf, dll.)
3. Bila komunikasi lisan tidak membawa hasil seperti yang diharapkan, layangkan surat resmi yang ditujukan kepada Bagian dari Perusahaan yang menangani keluhan konsumen (misalnya Customer Service). Surat Pengaduan harus memuat paling tidak hal-hal berikut:
* Nama dan alamat Konsumen serta Pelaku Usaha yang terkait
* Persoalan atau sengketa konsumen yang terjadi
* Kerugian yang diderita oleh konsumen
* Kronologi singkat permasalahan, dilengkapi dengan data yang rinci
* Permintaan (tuntutan) spesifik konsumen atas kerugian tersebut
* Permohonan agar menanggapi surat pengaduan ini dalam waktu 7-14 hari dari tanggal surat/tanggal terima surat
Surat Pengaduan dilampiri dengan fotokopi identitas konsumen dan salinan bukti-bukti pendukung secukupnya (jangan serahkan bukti asli).
Bilamana perlu Surat Pengaduan ini ditembuskan ke pihak-pihak terkait untuk menjadi perhatian
4. Pastikan bahwa surat tersebut sampai ke tangan yang tepat dan diproses sesuai prosedur yang berlaku di perusahaan tersebut. Pastikan komunikasi Anda dengan pihak perusahaan yang bertanggung jawab terhadap tindak lanjut surat Anda tidak putus.
5. Bila Anda merasa pengaduan Anda tidak ditangani dengan semestinya dan menemui jalan buntu, Anda dapat menyampaikan pengaduan ke YLKI. Sehingga pengaduan yang anda sampaikan tidak menjadi bumerang bagi kehidupan Anda dan Anda dapat terhindar dari diskriminasi pihak tertentu.

Note : Harap diingat bahwa apapun yang kita sampaikan tersebut atas dasar mencapai perbaikan untuk kepentingan bersama, bukan atas dasar emosi dan balas dendam.

selengkapnya di sini