Sedikit sharing soal kaitan tentang pengusaha dan timbangan, berlaku juga dengan pengusaha timbangan🙂

Timbangan sangat erat kaitannya dengan pengusaha makanan seperti saya, yang setiap harinya pasti bermain dengan timbangan. Bila tidak ada timbangan, maka akan sulit bagi kita untuk menjual makanan yang tidak jelas takarannya.

Hingga hari ini saya masih sering melihat para pedagang yang mempermainkan timbangannya dengan tidak seimbang. Bahkan saya masih sering mendengar cerita dari teman pedagang lain tentang betapa ngerinya para pedagang di pasar-pasar besar yang seakan tidak tepat bila timbangannya tidak dikurangi.

Saat saya membeli puluhan kilo bawang merah dari para petani, seringkali timbangan yg digunakan dikurangi. Saat saya membeli hasil pancingan ikan dari para nelayan, terkadang saya masih mendapatkan berat ikan yg berbeda saat ditimbang ulang di rumah.

Saat saya berbelanja di pasar, masih ada saja timbangan yang kurang saat saya timbang ulang di rumah. Saat saya bertransaksi dengan suplier, masih ada yang mengirim barang dengan timbangan kurang.

Masya allah…melihat masih adanya perilaku pedagang atau pengusaha seperti ini yang berusaha mengambil untung dari timbangan kurang ini, hati saya miris…teringat peringatan Nabi Muhammad SAW, bahwa barang siapa yang mengurangi timbangan dagang, maka neraka balasannya (maaf saya tidak ingat lengkap hadist/ayat quran). Oleh karena inilah banyak syaitan di pasar untuk menggoda para pedagang mengurangi timbangannya.

Bahkan setiap kali saya menimbang terasi, bawang goreng, atau ikan jambal pancing, tidak bosannya saya mengingatkan diri untuk tidak tergoda saat berat pesanan pembeli kurang.

Bagi saya, lebih baik melebihkan timbangan kita dari pada ada konsumen kita yang menggerutu dengan timbangan kita yang kurang.

Saya tidak tahu apakah pengusaha lainnya seperti bisnis IT atau fashion bermain juga dengan timbangan? Karena bila tidak pernah berkaitan dengan timbangan, maka selamat, anda terhindar dari peluang mengurangi timbangan pembeli🙂

Semoga kita semua dapat selalu memperhatikan nilai timbangan kita, sehingga kita terhindar dari akhirat yang sengsara.

Perhatikan timbangan kita dan ingatkan pula timbangan sahabat lain sehingga kita sama-sama mendapatkan keberkahan usaha.

wassalam,

Note : tulisan ini berfungsi juga untuk bahan komplain bilamana ada sahabat yg pernah membeli produk sy, pasarterasi, yg ternyata ada timbangannya yg kurang.
—————————————
sponsored by @pasarterasi | Dapatkan Terasi, Bawang Merah, Ikan Jambal Pancing ber GARANSI!!!