Sudah 4 tahun 10 bulan ini saya menempuh jarak 75.000 KM menggunakan motor “si Vega”, yang mana satu satunya kendaraan pribadi saya yang telah menemani kehidupan saya selama perjalanan.

Perjalanan yang belum pernah saya lakukan hanyalah perjalanan dari jam 2 pagi hingga jam 4 pagi. Hampir semua waktu dan kondisi perjalanan pernah saya lalui. Dari perjalanan waktu subuh, hingga tengah malam pernah saya coba. Tujuan terjauh yang pernah saya tempuh yakni Kab Tegal (Jawa Tengah) di ujung timur, Kota Tangerang (Banten) di ujung Barat, pesisir pantai Utara hingga Kab Garut di bagian selatannya.
Perjalanan yang paling mengerikan adalah perjalanan malam karena selain kondisi jalan di Indonesia yang masih kurang baik juga karena keterbatasan fisik kita di malam hari yang cenderung melemah di malam hari, di tambah lagi kemampuan penerangan kendaraan kita seperti “si Vega” saya yang memang kurang terang sehingga untuk perjalanan malam saya tidak bisa meng-“geber” kendaraan hingga 100 KM/Jam. Apalagi jalanan Pantura yang cukup jelek, berbolong hingga rawan kecelakaan.

Namun, saya ada tips dan trik bagi Anda yang ingin tetap CEPAT tiba di tujuan dengan tetap meng-“geber” kendaraan, meski dalam perjalanan di MALAM hari dalam KONDISI jalan yang tidak kita tahu.

Yakni “Ikuti Saja LAMPU dan BAN Kendaraan Di Depan Anda”

Ada SYARAT kendaraan yang dapat Anda ikuti atau buntuti kemanapun kendaraan di depan Anda belok atau bermanuver, yakni :

1. Pastikan kendaraan yang akan Anda ikuti dan buntuti itu memiliki LAMPU kendaraan yang sangat terang sehingga kendaraan itu sendiri, syukur lagi jika Anda pun, dapat melihat jalanan dengan jelas.

2. Selalu JAGA JARAK dengan kendaraan di depan Anda. Meskipun kendaraan di depan Anda “terlihat” tangguh dan dapat bermanuver, namun Anda tidak pernah tahu kemungkinan terburuk yang dapat terjadi pada kendaraan yang Anda ikuti tersebut. Jarak terdekat yang biasa saya jaga yakni 6 meter dalam kecepatan 100 KM/Jam.

3. Selalu MELEK, BUKA MATA
Ikuti kemanapun kendaraan di depan Anda belok. Jangan ANDALKAN mata pengendara kendaraan di depan Anda, tapi Anda pun harus dapat melihat jalan di depan kendaraan yang Anda ikuti yang tersorot lampu kendaraan itu.

4. Perkuat CENGKRAMAN Anda pada Kendaraan Anda.
Apalagi bagi Anda para bikers, dalam kecepatan tinggi Anda tidak bisa melonggarkan cengkraman tangan pada kemudi motor. Konsentrasi pada jalan, kendaraan di depan Anda dan cengkram kuat kemudi Anda.

Cukup mudah, ikuti LAMPU dan BAN kendaraan di depan Anda, meskipun Anda memiliki lampu kendaraan yang terbatas juga.

Namun tips saya ini ada resikonya juga, yakni : Anda harus SIAP mengalami apapun yang dialami juga kendaraan di depan Anda. Saat kendaraan itu menggilas jalan berlubang, maka Anda harus menghindar atau siap-siap saja Anda pun menggilas lubang itu.

PERHATIAN!! Jangan ikuti dan buntuti kendaraan yang tidak memiliki lampu kendaraan.