Jadi full TDA atau pengusaha bukan untuk gaya.

Menjadi Full Pengusaha atau TDA adalah sebuah pilihan karir pekerjaan, yang punya resiko tinggi dibanding pilihan karir sebagai karyawan.

Menjadi Full TDA tidak menjamin keuntungan, jaminan bangkrut? Iya…

Hampir semua orang yg kita anggap sukses saat ini, pernah merasakan bangkrut. Saya pun pernah meski dalam skala kecil, namun saya belum layak di sebut sukses.
Karena sukses bukanlah sebuah gelar. Sukses adalah sebuah perjalanan manakala kita bisa bermanfaat bagi banyak orang disekitar kita, bukan menerima manfaat.

Berikut share pengalaman sya dengan seseorang yang meminta tips untuk jadi full TDA.

Semoga bermanfaat…

———- Forwarded message ———-
From: “hendra permana”


Date: 15 Jan 2012 09:14


Subject: Re: Sharing pengalaman nya ya…


To: “ahmad haryadi”

> Assalamualaikum
Waalaikumsalam

>  
> Apa kabar mas Hendra, semoga sehat walafiat dan dilindungi oleh Allah SWT atas diri mas Hendra dan keluarga.
Alhamdulilah, kami semua sehat. Amin. Berkat doa dr bpk & sahabat TDA juga.

> Perkenalkan nama saya Achmad Haryadi tinggal di Cikarang status kawin anak 2 , pekerjaan kaum bangsawan.
>  
> Mas Hendra yang saya hormati kalau boleh tau dulu mengundurkan diri dari tempat bekerja motivasi nya apa ( karena saya masih ragu2 nih-
> utk meninggalkan pekerjaan yg sekarang pdhal secara pribadi saya sudah jenuh utk bekerja diperusahaan)
-» sy juga sama dari dulu (sy kerja cuma 4 tahun) sdh capek kerja krn lokasi kantor sy di jakarta kota. Dr cikarang berangkat pagi pulang malam naik KRD di stasiun Cikarang. Jadi alasannya : capek, jenuh & tidak ada harapan untuk menggantikan posisi direktur di kantor sy..hehe..jadi daripada sy ngabisin waktu hidup sy jd kurang efektif & manfaat, sy ingin sekali keluar, tp memang nunggu moment yg tepat…

Apa moment yg tepat saya itu : waktu itu sy ikut pelatihan kemandirian hidup sm jay teroris/zainal abidin-motivator. Tp krn pelatihannya msh lama & sy gak bs ijin kerja trs..sy pilih ikut pelatihan..
Saat itu sy sama sekali ga ada persiapan finansial untuk keluar kerja…bs sy bilang..persiapan keluar kerja sy gagal…sebaiknya yg sprti ini jgn di tiru pa🙂
Tp menurut sy, klo nunggu persiapan dulu…indikatornya apa?? Wong gaji kerja sy aja kadang msh ga cukup, apalagi bwt disisain bwt persiapan keluar kerja…hehe…jd bismillah aja….mantepkan hati..sy keluar..

> yg ke2 utk persiapan bisnis setelah berhenti kerja dipersiapkan dulu seblm berhenti atau setelah berhenti ( karena sampai saat ini saya masih
> belum punya ide utk ngerjain apa kalo saya berhenti )
-» Bulan pertama jg sy blm tau mau bisnis apa..awalnya masih simpang siur…ga jelas..fokus sy saat itu, “cari uang, dagang apa aja dulu biar dapur ngebul”..sy ga ada persiapan apa2…modal sy saat itu cuma “doa sama Allah SWT”…

> yg ke3 kalo boleh tau dulu punya ide bisnis jual bawang goreng itu gimana ya ( maaf bukan bermaksud menjadi kompetitor he..he..)
-» gpp pa..klo mau lancar bisnis, jgn anggap kompetitor, tp partner bisnis…itu nasihat tmn bisnis sy..
Sy bisnis bawang goreng krn liat potensi sumber daya yg melimpah di kampung istri sy..bawang goreng banyak, tenaga kerja jg banyak…

> yg ke4 bagaimana mensiasati pemenuhan biaya hidup setelah tdk bekerja
-» sesuai nasihat tmn bisnis sy, untuk bulan pertama, fokus pd kebutuhan hidup, dagang apa saja yg laku dijual…tp jgn hny jadi pedagang, tp pebisnis jiga..caranya fokus pada dagangannya saja…ga usah mikir dagang yg lain..krn yg sy alami..ternyata dagang apa saja laku…yg penting kita enjoy daganginnya..jgn bisnis & dagang pada yg kita gak suka/enjoy…

> yg ke5 mohon saran nya jika saya ingin terjun ke dunia usaha ( tangan diatas )
-» evaluasi dr keputusan sy untuk full TDA sampai saat ini :
1. Persiapkan + kondisikan keluarga (anak, istri, ortu, saudara2) agar siap menerima keputusan kita resign…ini sdh sy jalani pasca sy resign..persiapannya mau sebelum/sesudah resign..silahkan putuskan matang2..
2. Baiknya sblm resign, siapkan sumber dana RT minimal untuk 4 bulan pertama..agar anak istri tenang…yg ini tdk sy siapkan…tp alhamdulilah, ternyta Allah SWT sdh bantu handle point 2 ini…
3. Pasang target & sampaikan ke keluarga, sampai kpn kita akan bisnis..target2 bisnis kita..hal ini agar keluarga bs tenang (membantu point 1 diatas) & yakin atas keputusan kita resign..sy pasang target bhw klo dlm satu tahun kedepan bisnis sy gagal, sy mau kembali jd bangsawan lg..hehe
4. Siapkan mental tuk hadapi kemungkinan gagal, ujian, penyakit & kejadian lain yg mungkin menyedot kebahagiaan kita…di bulan pertama sy resign, saat asuransi kesehatan tdk ada, yg selama 4 tahun sy kerja ga pernah sakit di RS..tiba2 anak istri sy sakit DBD & harus dirawat di RS…makanya waktu itu sy pernah curhat jg di milis, knp Allah uji sy sprti ini??? Dan bagi saya, selama sy kerja jd bangsawan 4 tahun itu hampir jadikan sy murtad..krn menggantungkan hidup pd kantor & asuransi kesehatan..hehe..
5. Pilih dgn matang mau bisnis apa….sesuaikan dgn kemampuan & potensi yg kita lihat…pelajari bisnis itu dr orang lain agar mnghemat waktu kita tuk lebih berhasil..kesempatan sperti kita pa, yg sdh punya anak istri..sdh ga sempet trial & error..belajar sm orang lain & temukan error kita…krn meskipun kita sdh belajar dr orang lain,kita pasti alami kegagalan versi kita sendiri…
6. Banyak2 berdoa & minta doa dr keluarga…krn bagi sy, full TDA sy ini merupakan perjalanan spiritual sy..yg mana sy hrs kembali sama tuhan sy, Allah SWT. Ikuti smua nasihat orang..ga usah di bantah, ga usah langsung di telan..klo suruh sedekah, sy jalanin..suruh rajin dhuha, jalanin…dll..
Klo bwt kita muslim, pelajari & kupas tuntas surat Dhuha & surat Alam Nashrah (Al ‘Asr), itu jd modal sy jd full TDA…

>  
O iya, banyakin juga silaturahim & minta nasihat bisnis langsung ke org yg sdh pandai dagang…agar ilmu bisnis & dagang mereka bs kita pelajari…di bulan pertama sy resign..ada sktr 10 orang pedagang & pebisnis yg saya temui…

> Demikian surat dari saya besar harapan saya jika mas hendra mau berbagi pengalaman pribadinya ke saya mohon balasannya ( japri aja ya mas )

Semoga manfaat..maaf baru balas, silahkan kontak sy lagi saja klo mau share…kita saling share aja ya pa..krn sy jg msh harus belajar…

Hendra/