image

Semenjak catatan terakhir saya di blog ini (http://wp.me/p1H3IG-3Y), hingga hari ini saya sudah menambah perjalanan motor saya menjadi 76.965 Km

Dari sekian panjang perjalanan motor saya tersebut, telah saya kupas sedikit pengalaman saya “Tips Berkendara Cepat Aman”. Silahkan baca kembali di blog saya hapesurya.wordpress.com

Dari tips bermotor tersebut, saya  pun mendapat tips dan trik bagi Anda yang ingin CEPAT menjadi pengusaha. Tips ini sudah & sedang saya lakukan. Tips ini juga cocok bagi Anda yang saat ini bingung bagaimana mewujudkannya karena kendala belum banyak pengalaman dan belum tahu arah serta jalan menjadi pengusaha yang sukses tersebut.

Yakni “Ikuti Saja LAMPU dan BAN yang Mentor Bisnis Anda lakukan”

Bila Anda sudah membaca “Tips Berkendara Cepat” di blog saya sebelumnya (http://wp.me/p1H3IG-3Y), Anda pasti paham apa maksud “LAMPU dan BAN Mentor” tersebut.

Maka segera carilah mentor, guru, atau pelatih bisnis Anda. Bukan sekedar mentor yang bisa mengajarkan, tapi juga mentor yang SUDAH pernah melakukan dan melalui jalan pengusaha seperti yang Anda inginkan.

Berikut yang harus Anda lakukan agar tips diatas berhasil :

1. Pastikan Mentor yang akan Anda ikuti dan turuti itu memiliki LAMPU (petunjuk) kendaraan bisnis yang sangat terang sehingga Mentor Anda sendiri dapat melihat arah bisnisnya dengan jelas. Setelah itu, Anda ikuti bagaimana LAMPU yang sudah diberikan Mentor bisnis Anda.

2. Selalu JAGA JARAK dengan manuver bisnis Mentor Bisnis Anda. Boleh jadi manuver bisnis yang Mentor Anda lakukan belum mampu Anda lakukan sendiri. Dan meskipun Anda mampu melakukannya, namun belum tentu manuver bisnis yang Mentor Anda lakukan itu sudah benar di waktu yang tepat. Kita tidak pernah tahu apa yang dapat terjadi, namun ada baiknya Anda tetap menjaga jarak sehingga Anda pastikan Mentor Anda pun telah melakukan hal yang benar.

3. Selalu MELEK, BUKA MATA, dapatkan informasi tidak hanya dari Mentor Anda.
Ikuti kemanapun Mentor di depan Anda mengambil keputusan NAMUN jangan ANDALKAN mata bisnis Mentor di depan Anda, tapi Anda pun harus dapat melihat “kondisi jalan bisnis” di depan Mentor yang Anda ikuti.

4. Perkuat CENGKRAMAN Anda pada Kendaraan Bisnis Anda sendiri.
Bila Anda sedang belajar mengikuti Mentor yang memiliki ritme perjalanan bisnis yang semakin berkembang, maka Anda tidak dapat melepas konsentrasi Anda dari bisnis Anda sendiri. Tetap ikuti ritme bisnis Mentor Anda namun jangan pernah lupakan bisnis Anda sendiri untuk dapat dikembangkan seperti yang Mentor Anda lakukan. Karena semakin cepat pertumbuhan bisns Mentor Anda, maka Anda pun harus semakin KUAT mengendalikan bisnis Anda. Agar apa? Agar bisnis yang Anda bangun itu pun dapat mengikuti pertumbuhan bisnis Mentor Anda dengan tetap KONSENTRASI.
Bila terlepas cengkraman pada Bisnis Anda sendiri, maka kemungkinan yang terjadi pada Anda yakni, Anda akan tertinggal jauh dari bisnis Mentor Anda; atau Anda akan mengalami banyak “lubang jalan” bisnis yang tidak perlu lagi Anda alami.
Konsentrasi pada apa yang Mentor Anda berikan dan tetap cengkram kuat bisnis Anda.

Cukup mudah, ikuti LAMPU dan BAN kendaraan bisnis Mentor Anda, meskipun Anda memiliki “lampu kendaraan bisnis” yang terbatas.

Namun sebagaimana di perjalanan jalan raya, tips saya ini ada resikonya juga, yakni : Anda harus SIAP mengalami juga apapun yang dialami kendaraan bisnis Mentor Anda.

Saat kendaraan bisnis Mentor Anda menggilas “jalan berlubang”, maka Anda harus menghindar atau siap-siap saja Anda pun menggilas “lubang” itu.

Belajar dari Mentor yang sudah JAUH mencapai kesuksesan yang Anda inginkan pun tidak menjamin Anda akan tiba di titik (kesuksesan) yang sama TANPA menggilas “jalan bisnis yang berlubang”. Mengikuti Mentor yang bisnisnya pun sedang berkembang, tidak menjamin Anda dapat tiba di titik kesuksesan yang Anda harapkan.

Anda dapat belajar dari Pak Roni Yuzirman-Manet; Pak Ato Sunarto-Kupat Mang Oman; Pak Dhika-pasarbatik; Pak Teguh-Hydro; Pak Nana-Hayashi Toys; Pak Barra-Berkah Properti; Pak Yusuf Erlangga-EcoKiddy; Pak Anto Sarung-Koran; Pak Rawi-Prakom; Ibu Dyah-AremaFood; Ibu Endah-GeraiSalmaa; Ibu Tika-OrangeKlambiBocah; dan masih banyak lagi Mentor Bisnis yang mereka siap kita wawancarai soal perjalanan bisnis mereka selama ini.

Segera cari website, blog, twitter, FB, milis dan dimanapun tempat nongkrong mereka. Dengarkan dan ikuti obrolan mereka seputar bisnis.

Oleh karena itu, ikuti perjalanan Mentor bisnis yang lain juga dan tetap ikuti tips dan trik saya tersebut. Maka dengan mengikuti banyak “kendaraan bisnis Mentor” di depan Anda, bisa jadi Anda akan lebih cepat TIBA mencapai kesuksesan yang Anda impikan selama ini. Bahkan bisa jadi menyalip kesuksesan Mentor bisnis yang selama ini Anda ikuti.

PERHATIAN!! Tips dan Trik ini mengandung adrenalin dan tantangan yang tinggi. Tidak berlaku untuk semua umur. Harap konsultasikan dengan dokter bisnis Anda sebelumnya.

O iya, jangan lupa juga sambil menyimak tema penjelasan “Menjadi Pengusaha” dari Yusuf Mansur di acara Wisata Hati ANTV besok jam 5 pagi.

Salam bisnis ngebut…

wassalam,

Hendra Permana

Advertisements