Ini ide & keinginan saya untuk mengharumkan banyak masjid di Indonesia. Seperti kita ketahui masjid menjadi salah satu pusat berkumpulnya kaum muslimin di Indonesia, yang sering kali digunakan utamanya sebanyak lima kali dalam sehari untuk keperluan shalat berjamaah.

Namun, seiring banyaknya bangunan masjid sangat sedikit yang peduli dengan keharuman ruangan masjid itu sendiri. Sering kali saat kita sedang shalat atau mengaji di dalam masjid mencium bau yang kurang sedap, baik itu disebabkan sirkulasi udara yang tidak baik, kuman di dalam ruang masjid itu sendiri atau karena bau tidak wangi dari karpet masjid yang jarang di bersihkan.

Sementara ajaran Islam sendiri mengajarkan kebersihan dan keharuman sebagai salah satu ciri muslim yang bersih karena Allah SWT mencintai kebersihan. Bahkan saat kita berangkat shalat pun dianjurkan untuk memakai parfum agar bau badan harum.

Dari semua sumber bau tidak wangi di dalam ruang masjid tersebut, akan lebih baik jika setiap ruang masjid, terutama tempat shalat dilaksanakan menggunakan pengharum ruangan. Keharuman dalam ruang masjid ini tidak boleh kalah dari keharuman ruangan kantor tempat kita bekerja yang senantiasa harum dan rapi serta terjaga. Masih banyak sekali kondisi ruang masjid yang kalah harum dan bersih dari ruangan tempat bekerja para jamaahnya sendiri. Itu kondisi masjid di perkotaan besar seperti Jakarta.
Bagaimana dengan kondisi keharuman masjid di pelosok-pelosok daerah di Indonesia yang setiap pekannya digunakan shalat jumat berjamaah dengan suasana ruang masjid tidak harum?

Oleh karena itu, saya memiliki impian dapat mengharumkan banyak masjid di Indonesia, terutama masjid-masjid di pelosok daerah di Indonesia. Yang saya harapkan dari impian ini adalah akan semakin banyak jamaah masjid yang betah untuk berlama-lama di dalam masjid, semakin khusyuk ibadah mereka tanpa terganggu oleh bau yang tidak sedap. Dengan harumnya ruang masjid ini, diharapkan akan banyak pula jamaah masjid yang peduli dengan kebersihan ruang masjid mereka. Tidaklah mungkin ruang masjid
yang harum, sementara karpet atau tirai masjid mereka biarkan kotor berdebu? Semoga dengan bau harum di dalam masjid ini, menggerakan hati mereka untuk semakin memperhatikan kebersihan masjid.

Selain itu, dengan bentuk kepedulian sosial ini, semoga saat kita meninggalkan dunia nanti, akan harum pula jasad mayat tubuh kita akibat kepedulian kita pada keharuman masjid ini. Sehingga nanti pun dunia akan mengenang kita sebagai pribadi yang peduli pada keharuman tempat ibadah.

Semoga diantara sahabat semua ada yang turut peduli dengan keharuman masjid di sekitar kita. Kita awali dari satu masjid di sekitar rumah kita. Target pengharum yang akan kita gunakan di masjid-masjid ini adalah seperti alat pengharum ruangan yang digunakan seperti di kantor-kantor tempat kita bekerja. Alat pengharum ruangan yang memancarkan bau parfum secara otomatis.
Harga alat pengharum ruangan seperti ini yang pernah saya beli seharga -+ Rp. 60-70 ribu. Kita dapat membeli dalam jumlah banyak atau saat ada diskon sehingga harga alat semakin murah.

Untuk selanjutnya, saat penyaluran alat pengharum ini kita harus membuat perjanjian dengan pengurus masjid (DKM) agar senantiasa turut menjaga kebersihan dan keharuman ruang masjid ini selanjutnya, termasuk membelikan refill/isi ulang parfum alat pengharum bila sudah habis. Refill/isi ulang parfum ini seharga -+ Rp. 12-15 ribuan, itu pun dengan masa pakai sekitar 2 bulan.

Sebuah investasi yang murah, dengan nilai balik investasi ke kita sangat besar. Nilai balik yang tidak seberapa untuk ukuran di dunia, tapi bernilai sangat besar untuk ukuran setelah kita mati. Semoga ide dan impian saya ini menjadi impian bersama sahabat pribadi mulia semua. Amin.

NB : Ide “Sejuta Harum Masjid Indonesia” ini bukan bagian dari misi pengiklanan salah satu perusahaan pengharum ruangan. Semoga dengan tulisan ide ini menjadi jalan pembuka kesempatan bagi berbagai perusahaan pengharum ruangan untuk turut berkontribusi dalam gerakan “Sejuta Harum Masjid Indonesia”.

Salam Pribadi Harum,

Hendra Permana S.

Advertisements