Subhanallah…bergemuruh, semangat, senang, bercampur aduk dengan rasa semangat ingin segera mencoba Mobil New Ford Fiesta di Mall Metropolitan Bekasi Barat sore ini. Dibantu oleh Marketing bernama Mas Tri, saya diperkenalkan pada seluk beluk Mobil Ford Fiesta.

Fiesta

Ford Fiesta

Saya tertarik untuk mengenal lebih dekat fasilitas Mobil buatan Henry Ford dari Amerika ini. Mobil New Ford Fiesta ini adalah mobil CBU atau dengan kata lain mobil ini dirakit di Pabrik Thailand untuk kemudian setelah jadi, mobil langsung di kirim ke Indonesia untuk langsung di jual. Berbeda dengan mobil Jepang yang memiliki pabrik untuk merakit di Indonesia.

Pertama kali saya terpincut rasa suka pada mobil jenis Hatchback ini karena melihat bentuk bodinya yang tidak terlalu tinggi juga cukup pendek. Meskipun mobil ini punya “hidung”, tapi ternyata jok supir mobil Ford Fiesta ini bisa ditinggikan. Dengan mengangkat tuas yang ada di sebelah kanan bawah jok supir, layaknya tuas sandaran jok di mobil jepang lainnya, setiap kali tuas itu di angkat layaknya tempat duduk supir itu “terpompa”. Saat saya coba angkat tuas itu (sambil tetap saya duduki), ternyata benar saja posisi duduk saya semakin terangkat dan akhirnya bisa lebih melihat ujung “hidung” mobil Ford Fiesta ini, sampai akhirnya kepala saya menyundul atap mobil. Fasilitas ini jadi kelebihan dari mobil sedan yang seringkali tempat duduknya agak “ceper” sehingga sedikit sulit mengukur jarak dengan mobil di depan kita.

Selain itu semua tempat duduk baik tempat duduk penumpang di depan maupun belakang, berbentuk seperti tempat duduk mobil balap, yang mana bagian samping sandaran tempat duduknya memiliki tonjolan ke depan atau lebih mirip sayap, sehingga setiap kali penumpangnya miring saat kendaraan berbelok, maka tidak akan menggeser punggung kita. Sehingga tempat duduk dari Ford Fiesta ini lebih nyaman. Belum lagi ditambah dengan suspensinya tipe “McPherson Strut” yang artinya saat kendaraan melaju di jalan yang tidak rata, maka kendaraan tidak akan bergoncang alias kenyamanan duduk penumpang tidak akan terganggu dengan jalanan yang tidak rata.

Interior Dalam

Interior dalam

Mas Tri pun menjelaskan bahwa bodi mobil Ford Fiesta ini dilapisi dengan baja ringan serta plat baja pada setiap sisi pintu penumpangnya. Juga bodi mobil ini memiliki ketebalan 1 inch sehingga terlihat lebih tebal atau solid dibanding mobil yang saya gunakan saat ini. Selain itu jelas Mas Tri, jika terjadi kecelakaan tabrak depan, mesin dari mobil ini akan langsung jatuh ke bawah dan batang kemudi akan langsung patah sehingga supir kecil kemungkinan terjepit mesin dan kemudi. Kelebihan ini menjadi nilai lebih keamanan dari merk Ford Fiesta, jelas Mas Tri.

Yang membuat saya semakin jatuh cinta pada Ford Fiesta ini adalah fitur interior dalam kendaraan yang bisa dikendalikan dengan suara atau “Voice Control”. Sangat berteknologi tinggi sekali untuk mobil dengan harga sekitar 200 jutaan ini. Sayangnya fasilitas “Voice Command” ini hanya untuk Mobil Ford seri Fiesta Trend dan Fiesta Sport. Dengan menekan tombol bergambar “mulut orang” dekat kemudi supir, fasilitas perintah suara ini dapat menghidupkan radio, memilih stasiun radio, menelepon, mengaktifkan GPS, menyalakan AC, dll. Untuk fasilitas menelepon dalam kendaraan pun, kita cukup mengaktifkan bluetooth handphone kita dan menyambungkan dengan bluetooth kendaraan kita. Maka setelah bluetooth tersambung, semua fasilitas dan data dari handphone kita bisa diakses dari panel dalam mobil tersebut. Atau kita pun dapat langsung menekan langsung tombol nomor telepon di dekat panel dashboard layaknya menekan tombol handphone.

Panel Control

Panel Control Audio

Kendaraan yang hanya memiliki dua daya kapasitas yakni 1400 CC dan 1600 CC ini, memiliki aksesoris lain yang menambah cantik mobil ini yakni adanya laci di bawah kursi penumpang depan. Dengan kapasitas simpan laci hingga 1 kg, kita bisa menyimpan sepatu atau sandal, bahkan barang berharga pun karena fasilitas ini tidak banyak ada di kendaraan lainnya alias tidak lazim. Sementara laci pada dashboard mobil pun tetap ada sebagaimana kendaraan lainnya.

Laci bawah jok

Laci di bawah jok penumpang depan

Saya tertarik dengan Seri Ford Fiesta Trendy Transmisi Otomatis 1400 CC karena dari harga, perbedaan dengan Seri Trendy Transmisi Manual hanya sekitar 10 jutaan. Selain itu, untuk seri transmisi Ototmatis difasilitasi juga untuk bisa berpindah transmisi ke manual atau dengan kata lain seri ini memiliki dua transmisi. Mau Transmisi Otomatis atau Manual, kita tinggal pilih.

Selain itu pada seri Fiesta Trendy, fasilitas dan aksesoris kendaraannya lebih lengkap dibanding seri Fiesta Style. Beberapa kekurangan Fiesta Style yang dibandrol harga di kisaran 180 jutaan ini dapat dilihat di sini

Dari sekian mobil Hatchback yang sedang saya incar selama ini, saya cenderung lebih memilih Ford Fiesta ini. Mobil kecil tapi memiliki fitur dan teknologi yang mantap. “Ya Allah, berilah saya Ford Fiesta”, menjadi tambahan doa saya dalam Tahajud bulan ini. Insya Allah.