Bekasi, Ahad, 12 Mei 2013

Semakin nampak kemunculan koin Dinar dan Dirham (DnD) menguasai perdagangan di sekitar kita. Bahkan yang saya ketahui, ternyata penggunaan koin logam mulia ini sudah marak di beberapa negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan lainnya.

Dahsyatnya lagi, koin emas dan perak ini sudah digunakan di lingkungan kesultanan di beberapa pulau Indonesia. Seperti yang kita ketahui dulu saat mata pelajaran sejarah di sekolah, ada beberapa kesultanan yang pernah merajai beberapa wilayah Indonesia, seperti Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Mataram. Kabarnya kesultanan di Indonesia telah menerbitkan koin logam DnD ini sesuai wilayah mereka. Mereview sejenak, saya pernah melihat tayangan wawancara tentang keberadaan saat ini dari kelompok kesultanan Indonesia di salah satu stasiun tv. Jadi para pewaris kesultanan di Indonesia ini masih ada dan diakui oleh masyarakat mereka.

Kembali soal DnD, yang membuat saya kaget, ternyata acara Hari Kemenangan Dinar Dirham (HKDD) yang digelar oleh komunitas Jawara (Jaringan Wirausahawan dan Pengguna Dinar Dirham Nusantara) ini juga dihadiri oleh komunitas Jawara dari Medan bahkan Singapura dan Perancis.

Acara HKDD ini semakin membuka mata saya bahwa kehadiran DnD yang diyakini sebagai mata uang (currency) yang sebenarnya, ternyata telah lebih dulu digencarkan dan di adopsi di luar Indonesia sana. Info yang saya dapat, kita bisa lihat di website www.tumasiktradenetwork.org

Marilah bersama kita buka mata hati dan pikiran tentang keberadaan uang kertas kita selama ini? Apakah kita telah memegang uang yang benar? Saya lebih baik melihat koin dirham saya terbakar daripada uang kertas 100 ribu saya terbakar. Koin perak dirham tentu tidak akan mudah terbakar dan masih laku di belanjakan.

Kemajuan yang dahsyat tentang mata uang telah terjadi di luar Indonesia sana, yang mana mereka telah lebih dulu meninggalkan uang kertas dan kembali ke uang logam emas dan perak. Akankah kita (Indonesia) kembali tertinggal dari negara sebelah?

Pernah coba membeli barang kesukaan kita dengan koin perak Dirham yang berharga? Atau membeli handphone dengan koin emas Dinar? Tentu semua orang pasti senang memegang emas….cobalah! Saya sudah mencobanya diacara HKDD hari ini ^-^

Hendra Permana
pasarterasi.web.id | Tukar 0,5 Dirham Anda dengan 1 Kg terasi Organik di sini!