Pilih ini atau ini? Tanpa disadari, dalam memilih sesuatu kita seringkali melihat bungkus atau kemasan atau tampilan aksesoris”sesuatu” yang akan kita pilih tersebut.

Katakanlah dalam hal mencari jodoh, tentu indikator pertama menilai seseorang itu baik atau tidak, kita lihat dari penampilan dia. Kelimis, rapi dengan tambahan sedikit baju yang berwarna dan bau parfum yang sedikit semerbak seringkali mengecoh kita untuk menilai si dia apakah orang yang ramah atau tidak. Tampilannya yang keren sudah menghipnotis kita untuk menentukan pilihan jodoh yang baik dunia akhirat.

Pun dalam hal memilih makanan. Misalkan kita akan membuat sambal terasi untuk pertama kalinya, dan kita belum pernah membeli terasi untuk pertama kalinya, maka saat kita ke warung, kita akan mencari terasi yang menurut kita baik dan sesuai selera kita..dan indikator pertama yang kita ingat yakni cari terasi yang memiliki kemasan yang cukup meyakinkan, misalkan terasi merk A. Tanpa menghiraukan bagaimana dengan rasa terasinya, tentu kita sudah kepincut duluan dengan tampilan terasinya yang cantik tadi.

Setidaknya contoh pengalaman hidup seperti inilah yang agak mengganggu “pertapaan” saya dari dunia online selama ini. Sejak yang kedua kalinya ada calon pembeli dari luar Indonesia yang berminat menjualkan terasi saya. Kali ini pembeli dari Belanda tersebut memberi syarat : saya harus membuatkan kemasan terasi yang ciamik dalam bahasa Belanda pula agar bisa memenangi persaingan di dunia per-terasi-an Belanda.

Apakah ini menjadi sebuah momentum bagi usaha kita untuk kembali merapikan diri, mempercantik dagangan agar menarik minat pembeli, utamanya pembeli luar Indonesia. Apalagi jika pasar bebas 2015 nanti datang, disaat persaingan usaha semakin kencang, mungkinkah tampilan dagangan kita masih seperti ini saja?

Saya semakin sadar bahwa tak selamanya kita bisa memenangi kompetisi usaha yang masih mengutamakan rasa (taste) di lidah. Karena ternyata kemasan/tampilan dari usaha ataupun  dagangan kita adalah bagian dari rasa (taste) itu sendiri.

Sekedar mengingatkan diri sendiri dan sahabat semua untuk terus mempercantik usahanya agar senantiasa menjadi pilihan hati pelanggan kita.

Hendra Permana
pasarterasi.web.id | Resep Original Terasi ada di sini
087782263736