Ini adalah sedikit rekaman yang hendak saya ceritakan dari apa yang terjadi di dalam diskusi komunitas pengguna dinar dirham, JAWARADINAR. Untuk membuktikan bahwa komunitas ini tetap eksis, ada, dan hadir di tengah pluralitas kehidupan masyarakat Indonesia, untuk membawa kesepahaman bersama bahwa penggunaan dinar dirham untuk transaksi keuangan sudah sangat memungkinkan kita lakukan.

Pagi kemarin, jam 6.51 tanggal 21 Agustus atau tepatnya 4 hari setelah rakyat Indonesia merayakan kemerdekaannya, salah satu admin (administrator) grup chat WhatsApp JAWARA, menyebarkan info tentang manfaat baking soda dalam memenuhi kebutuhan hidup kita. Info tersebut berupa link (http://t.co/gEH6MCoZuj) ke sebuah website berdasar rujukan dari kicauan twitter @YaSalimBkngSoda.  

Topik tentang Baking Soda ini menyedot banyak perhatian member lain sehingga tertarik untuk turut bergabung, merespon pesan tersebut dari sang admin. Salah satu yang tertarik dengan Baking Soda atau soda kue ini adalah Ibu Lilien, owner Khaff Shop, yang memproduksi produk produk healthcare seperti sabun, pasta gigi, dll.

Dari obrolan tentang baking soda ini, kita semua jadi tahu bahwa baking soda (BS) atau soda kue ini berbeda dengan baking powder (BP). BS ini dijual di toko bahan kue dan juga toko bahan kimia. BS ini umumnya lebih banyak dipakai untuk keperluan masakan atau pembuatan kue (dalam kadar yang tidak berlebihan). Namun dari obrolan hari ini, kita semua jadi tahu manfaat lain BS untuk hal lainnya yang lebih luas. Setidaknya Ibu Dina (owner Ya Salim Baking Soda) banyak menjelaskan soal manfaat lain BS ini. Silahkan simak serunya pertanyaan dan respon yang muncul dari teman-teman (utamanya Ibu-ibu JAWARA) berikut:
……………………….
……………………..
08:13, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Ada BP dan BS, yg sering dipake BP
08:13, 21 Aug – Ibu Dina‬: Assalamualaikum
08:13, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-0519‬: Setauku untuk baking soda,di jual di toko2 bahan bangunan..eh..toko bahan kimia
08:14, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Izin bergabung di jawara muamalah
08:14, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-0519‬: Waalaykumsalam,mba Dina..Salam kenal ya
08:15, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Di toko bahan kue dijual jg mb Anna
08:15, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Ingin belajar bermuamalah sesuai tuntunan Rasulullah seperti yg telah dirintis rekan2 di sini
08:15, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Mohon bimbingannya
08:15, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Salam kenal mb Dina,welcome
08:16, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Iya mbak dijual di toko bahan kue dan toko kimia
08:17, 21 Aug – Admin: Mba Anna: yg di toko bahan bangunan itu serius??
08:17, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-0519‬: Iya,betul…hi..hi..Mba Tina,saya tidak bisa bikin kue,palingan bantuin ibu bikin kue Kaak,kue khas arab
08:17, 21 Aug – Admin: Mba Dina: salam kenal, ditunggu sharing2nya yaa
08:17, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-8444‬: Yang pengen taubaking soda sehat dak…
08:17, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Target saya supaya pemakaian baking soda ini lebih meluas
08:17, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-0519‬: Becandaaaaa,mba Endah…
08:18, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Saya buka Info nya di fb juga, Silakan klik like ya
08:18, 21 Aug – ‪+62 838-xxxx-1682‬: Emang ada baking soda ga sehat mbak?
08:18, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-0519‬: Maaf,bukannya baking soda itu jgn terlalu banyak,mba Dina?
08:18, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Insya Allah saya sharing Info2 nya di situ
08:19, 21 Aug – Admin: kasi bocoran dikit2 disini doongg
08:19, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Kalo untuk masak ya sedikit aja mbak Hehe
08:20, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Tapi kalo untuk ngepel lantai atau bersih2 perabotan ya bikinnya semangkuk
08:20, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Di toko bahan bangunan itu soda api hehehe buat bersihin saluran sink yg mampet hehehe
……………..
………………..
08:21, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-0519‬: saya kira yg gugus bicarbonat,bisa merusak ginjal,salah ya?spt CDR itu kan ada gugus bicarbonat nya,gmana mba Dina?
08:21, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Tapi Sementara buka page Ya Salim baking soda di fb dulu aja ya
08:21, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Takutnya Gak sempat
08:21, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Nah, yg penasaran sm baking soda, sila ke tkp. Kalo saya mah simple, drpada ketelen SLS/SLES (yg utk pembersih lantai) di odol bikinan pabrik, Mendingan ketelan sebutir baking soda yg lbh aman. Cmiiw (itu kalo saya lho)
08:22, 21 Aug – Admin: Aku blm kebayang bentuknya nih
…………………..
…………………..
…………………..
08:22, 21 Aug – Admin: Link fb-nya apa mb?
08:23, 21 Aug – ‪+62 838-xxxx-1682‬: Ketemu ide baking soda darimana mbak??
08:23, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Ya Salim baking soda
08:23, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Bentuknya putih bubuk halus mbak endah, kayak putaw 
08:23, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Hmmm karena saya Pemakai sih🙂
08:23, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Kalo di Amerika/Eropa, mereka pake untuk segala macem udah dari dulu banget
08:24, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Punya tante yg asal canada, dia seminggu habis 2kg
08:24, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Betul, org bule itu fans berat baking soda
08:25, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Saya mau Ibu2 Indonesia pake juga, karena ramah Lingkungan
08:25, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Sy tau baking soda utk segala keperluan household dari kecil (nenek fans baking soda, turun ke mama, turun ke saya)
08:26, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Yg babynya pake cloth diaper, baking soda utk ngilangin bau pesing
08:26, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Nggak mengiritasi kulit buktinya, bahkan dipakai kumur atau odol ok kan
08:26, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Iya mbak lilien
08:26, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Lanjutkan Hahaha
08:26, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Produkuk natural deodorant sy jg pake BS 
08:27, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Masih banyak yg belum tahu
08:27, 21 Aug – Admin: Ayo ngiklaaaaannnnn😛
08:27, 21 Aug -Admin: Iya, aku termasuk
08:27, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Aku packing BS 500gr dan 1 kg merk ya Salim
08:27, 21 Aug – ‪+62 838-xxxx-1682‬: Oo.. Biasanya deo pake tawas
08:28, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Buat yg nggak sempat Jalan ke toko kue atau toko kimia
08:28, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Bisa Kirim online
08:28, 21 Aug – Jawara-Lilien Khaf: Natural deo saya aluminum free, Insya Allah aman & sehat
08:29, 21 Aug – ‪Ibu Dina: 1 daniq buat yg 500gr, 1/2 dirham 1kg
………………..
………………..
08:52, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬: Kl yang buat bersihin perak pake BS jg khan?
08:52, 21 Aug – Admin: BS: bayar sendiri ? 
08:55, 21 Aug – ‪+62 816-xxxx-855‬: Pake odol jg bs.
08:55, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬: Baking soda-lah
08:56, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬: BS = Bakul Sosis
08:56, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬: BS = Bocah Sleman
08:56, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬: BS = Bekasi Selatan
08:56, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬:  diterus2in ya
08:58, 21 Aug – Admin: Wakakaaa
08:59, 21 Aug – ‪+62 813-xxxx-6678‬: Kl selama ini khan pake odol bersihin dirhamnya. Kl aja kl pake BS lbh bersih lg
09:05, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Lebih bagus lg dirhamnya stlhnya digosok pake BS,yg 1 dirham jd 5  dirham
09:10, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Mb yeni : Kalo BS ‘ajaib’ sptnya hrs menhubungi nirmala mb *just kidding
09:11, 21 Aug – ‪+62 815-xxxx-963‬: Versi serius : sy biasa beli di TBK,ada yg sdh repack sama penjualnya,ada jg merk kupu2. Di alfa,indomaret bisa didapet
10:10, 21 Aug – ‪+62 878-xxxx-8444‬: 🙂
10:11, 21 Aug – Admin: Ooo merk kupu2 itu toh. Aku tau kalo ituuu
10:32, 21 Aug – Admin: Lagi, qirad antar anggota JAWARA: http://wakalanusantara.com/detilurl/Ngalap.Berkah.dari.Qirad.Kaous/1499/id
10:49, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Mau Pesan BS? japri dong ke saya Hehe
10:49, 21 Aug – Admin: Fotonya dong
10:53, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Nih.. Yg kemasan sealware 1 kg
10:54, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Lagi difoto perbandingan ama merk arm & hammer
10:55, 21 Aug – ‪Ibu Dina: Setiap produk dilengkapi brosur penggunaan untuk Macam2 keperluan
11:39, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Ini yg kemasan 500gr
11:46, 21 Aug – Admin: Keren kemasannya
11:46, 21 Aug – Admin: Produksinya sdh banyak?
11:46, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Masih sedikit.. Maklum newbie
11:47, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Ngerjain sendiri juga.. Hehe
11:48, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Tapi yg beli sudah ada
11:48, 21 Aug – Admin: Sejak kapan produksinya?
11:48, 21 Aug – Admin: *kepo*
11:49, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Saya Baru share Info Macam2 soda di page fb
11:49, 21 Aug – ‪Ibu Dina‬: Bagi yg penasaran beda caustic soda ama baking soda
11:49, 21 Aug – Admin: Mba Dina share juga di grup fb jawara dinar ya. Kl yg barusan kan via page fb jawara muamalah
…………….
……………  

Obrolan berjalan apa adanya, bahkan terkadang keluar dari topik yang sedang di bicarakan. Dari sekedar candaan ringan, hingga transaksi jual beli skala besar. Semua dilakukan dengan secara ikhlas dalam mata uang dinar dan dirham.

Dari transaksi yang terjadi selama sharing santai ini berlangsung saja, ada transaksi jual beli keju dari Ibu Admin, sekaligus owner usaha Salmaa Barokah kepada member JAWARA lainnya, Ibu Heldi. Ada juga yang menawarkan dagangan batik, ada yang menanyakan pesanan madunya, bahkan transaksi pembelian BS pun berhasil di buka dengan refill BS senilai 1/2 Dirham dari Ibu Lilien kepada Ibu Dina, dengan cara kliring di wakala terdekat mereka.  

Obrolan hari itu seakan mengikuti arah angin berhembus, tak tentu arah,namun masih tetap sejuk di hati karena memang obrolannya santai tanpa tekanan. Dari sekedar ucapkan salam dan menyapa, atau menyampaikan kabar gembira mendapat pesanan dari luar negeri, sampai curhat soal mesin vacum sealer untuk kemasan produk usaha teman-teman JAWARA (jaringan kerjasama bisnis Jawara dinar sudah merambah ke luar negeri. Cek di http://www.dinarshops.com)

Aktivitas ngobrol di WhatsApp hari itu berakhir jam 00.07 tengah malam,  dengan berita dari seorang member Jawara yang memberitahukan bahwa dia sudah menerima kiriman paket pembalut merk Avail dari Ibu Tiwi, member JAWARA Jogjakarta. Ada lebih dari 190 pembicaraan selama hari tersebut. Sebuah obrolan yang intensif bukan?

Ingin tahu lebih banyak apa yang dibicarakan di komunitas pengguna dinar dan dirham ini? Silahkan gabung di Facebook, Twitter atau Google+ Communities dengan nama Jawara Dinar, dan segera gabung dengan grup chat WhatsApp nya. Pastinya bukan hanya soal koin emas perak yang di bicarakan, tapi bagaimana kita bisa hidup lebih bijak menggunakan mata uang yang sebenarnya.

Semoga bermanfaat,

Hendra Permana
http://www.pasarterasi.web.id | Tukar koin 1/2 Dirham Mu dengan 1 Kg
087775037699

NB : Beberapa pembicaraan dan nomor WhatsApp di samarkan untuk kepentingan privasi setiap orang.